Laboratorium IPA Terpadu

Laboratorium Microteaching di Fakultas Ilmu Pendidikan & Sastra Universitas Bosowa merupakan fasilitas penting yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan mengajar mahasiswa calon pendidik. Dengan fasilitas modern seperti ruang simulasi kelas, kamera perekam, dan sistem pemantauan, mahasiswa dapat mempraktikkan dan meningkatkan keterampilan mengajar mereka.

Resky Trisnawati Arwien, S.Pd., M.Pd.

 

Resky Trisnawati Arwien, S.Pd., M.Pd.
Kepala Lab IPA Terpadu

Laboratorium IPA Terpadu​

Fakultas Ilmu Pendidikan & Sastra

Fungsi dan Tujuan Laboratorium Microteaching

Laboratorium Microteaching memiliki peran penting dalam proses pendidikan guru di Fakultas Ilmu Pendidikan & Sastra. Tujuan utama dari laboratorium ini adalah:

  • Pengembangan Keterampilan Mengajar: Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan mengajar mereka dalam lingkungan yang terkontrol.
  • Pembelajaran Berbasis Praktik: Mengintegrasikan teori dan praktik melalui simulasi pengajaran yang memungkinkan mahasiswa mendapatkan umpan balik langsung dan konstruktif.
  • Peningkatan Kepercayaan Diri: Meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam menghadapi situasi pengajaran nyata di kelas.
  • Evaluasi dan Refleksi: Membantu mahasiswa dalam mengevaluasi dan merefleksikan kinerja mengajar mereka untuk perbaikan yang berkelanjutan.

Fasilitas Modern dan Lengkap

Laboratorium Microteaching Universitas Bosowa dilengkapi dengan fasilitas modern yang mendukung proses pembelajaran yang efektif. Beberapa fasilitas utama yang tersedia meliputi:

  • Ruang Simulasi Kelas: Ruang yang dirancang menyerupai lingkungan kelas nyata, lengkap dengan peralatan pengajaran seperti papan tulis, proyektor, dan perangkat multimedia.
  • Kamera dan Perangkat Perekam: Peralatan untuk merekam sesi pengajaran mahasiswa, yang kemudian dapat digunakan untuk evaluasi dan analisis.
  • Sistem Pemantauan dan Umpan Balik: Teknologi yang memungkinkan dosen dan mahasiswa lain untuk mengamati dan memberikan umpan balik secara real-time.
  • Perangkat Lunak Analisis Pengajaran: Software yang membantu dalam menganalisis berbagai aspek dari sesi mengajar, termasuk keterlibatan siswa, penggunaan waktu, dan teknik mengajar.

Program dan Kegiatan Laboratorium Microteaching

Laboratorium Microteaching menyelenggarakan berbagai program dan kegiatan untuk mengoptimalkan kemampuan mengajar mahasiswa, antara lain:

  • Sesi Simulasi Pengajaran: Mahasiswa melakukan sesi pengajaran singkat yang direkam untuk kemudian dievaluasi oleh dosen dan rekan sejawat.
  • Workshop dan Pelatihan: Pelatihan intensif tentang teknik mengajar, penggunaan teknologi dalam pengajaran, dan strategi manajemen kelas.
  • Evaluasi dan Refleksi: Sesi evaluasi di mana mahasiswa mendapatkan umpan balik konstruktif dan melakukan refleksi terhadap kinerja mereka.
  • Kolaborasi Antar Mahasiswa: Mendorong kerja sama dan diskusi antar mahasiswa untuk saling belajar dan memberikan umpan balik.

Komitmen terhadap Kualitas Pendidikan

Laboratorium Microteaching Fakultas Ilmu Pendidikan & Sastra Universitas Bosowa berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan yang diberikan. Melalui fasilitas ini, mahasiswa calon guru dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menjadi pendidik yang profesional, inovatif, dan responsif terhadap kebutuhan pendidikan masa kini.